Sabtu, 10 Desember 2016

SAP MANAJEMEN STRES



SATUAN ACARA PENYULUHAN
 ( SAP )

Masalah                               : Kurangnya pengetahuan menyelesaikan masalah
   secara konstruktif
Pokok Bahasan                  : Manajemen stres
Sub Pokok Bahasan           : Manajemen stres dengan Relaksasi
Sasaran                               : Klien Tn. N
Waktu                                 : 15 Menit
Tanggal                               : 10 Maret 2007
Tempat                                : Ruang Gangguan Psikiatri RSHS Bandung

I.        Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan, klien mampu memperagakan teknik manajemen stres dengan relaksasi

II.     Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah diberikan pendidikan kesehatan selama 15 menit, diharapkan keluarga dapat :
A.    Menyebutkan pengertian manajemen stres
B.     Menyebutkan 2 dari 4 teknik manajemen stres
C.     Memperagakan teknik manajemen stres dengan relaksasi

III.    Media
Leafplet
IV.   Sumber
Carpenito, Lynda Juall. 1998. Diagnosa Keperawatan : Aplikasi Pada Praktik Klinis. Alih bahasa tim penerjemah PSIK-UNPAD. Jakarta: EGC



V.      Kegiatan  Pembelajaran

TAHAPAN
PENYULUH
PESERTA
WAKTU

1
2
3
4
Kegiatan  Pra Pembelajaran
1.      Mempersiapkan materi, media dan tempat

1.      Duduk menunggu



2 menit
Kegiatan Pembuka Pembelajaran
1.      Mengucapkan salam
2.      Memperkenalkan diri


3.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu, supaya Klien dapat memperagakan teknik manajemen stress dengan relaksasi
4.      Membuat kontrak waktu yaitu, selama 15 menit
5.      Apersepsi

1.       Menjawab salam
2.       Membalas perkenalan

3.          Menyimak






4.          Menyepakati kontrak

5.          Menjawab pertanyaan
3 menit

Kegiatan Inti

1.        Menjelaskan pengertian manajemen stress yaitu, Manajemen stress adalah cara mengatasi stress dengan baik.
2.        Menanyakan kembali pengertian manajemen stres
3.        Menjelaskan Teknik-teknik manajemen stres
a.       Menghentikan Berfikir tentang masalah yang menimbulkan stres/ kecemasan dan memfokuskan pikiran untuk mau menghentikan maslah yang menimbulkan stres/ kecemasan. Misalnya, Katakan dalam diri sendiri ” Berhenti ! saya tidak mau masalah berlarut- larut,  Berhenti ! cukup sampai disini saja ”
b.      Menyelesaikan masalah dengan cara membuka diri akan masalah yang dihadapi dan minta pendapat orang lain sebagai alternaif pemecahan masalah. Misalnya, menceritakan permasalahan yang dirasakan kepada orang yang dianggap dekat dan meminta pendapat untuk menyelesaikanya.
c.       Mengalihkan pemikiran stres ke pemikiran yang menyenangkan dengan cara membayangkan sesuatu yang indah atau sesutau yang membuat kita jadi tenang. Misalnya, Putarkan musik yang slow, pejamkan mata kita, kemudian mulailah memikirkan sesuatu yang indah seperti dipinggir pantai dengan suasana yang segar, coba rasakan dengan meresapi suasana yang ada dialam pikiran kita tersebut.
d.      Teknik relaksasi
§ Gunakan pakaian yang longgar
§ Duduk atau berbaring dalam posisi yang menyenangkandengan leher dan lutut disokong  dengan bantal hingga tubuh kita benar-benar nyaman dan rileks
§ Mulai dengan perlahan, bernafas secara teratur dan lambat, tutup mata dan tarik nafas dalm dengan perlahan dan keluarkan napas dengan perlahan
§ Katakan dalam hati ” rileks.. rileks..rileks....”
§ Ulangi selama tiga kali dan akhiri dengan mengatakan ” saya sudah rileks ”

4.        Memperagakan teknik relaksasi

5.        Menanyakan kembali teknik-teknik manajemen stres dan minta sasaran menjelaskan

6.        Meminta sasaran memperagakan teknik relaksasi yang sudah diajarkan dan diperagakan


1.      Menyimak penjelasan penyuluh





2.      Menjawab pengertian manajemen stres

3.      Menyimak penjelasan penyuluh















































































































4.      Sasaran menyimak


5.      Menjawab macam-macam teknik manajemen stres dan mejelaskanya


6.      Klien memperagakan teknik relaksasi




 8 menit

Kegiatan Penutup

1.    Bersama-sama dengan peserta menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
2.    Menanyakan perasaan dan manfaat sasaran setelah diberikan pendkes

3.    Menanyakan rencana tindak lanjut dari keluarga setelah diberikan pendkes

4.    Menutup dan memberi salam


1.    Bersama-sama dengan penyuluh menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
2.    Mengungkapkan perasaan dan menyebutkan manfaat yang dirasakan sasaran
3.    Mengunkapkan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan


4.    Menjawab salam


2 menit








VI.     Evaluasi
A. Prosedur        
Selama penyulahan dan Post test    
B. Jenis tes                     
Pertanyaan secara lisan dan observasi
VII.  Daftar pertanyaan
A.    Sebutkan pengertian manajemen stres ?
B.     Sebutkan teknik manajeman stres ?

Lembar observasi

No
Kriteria evaluasi
Skor Penilaian
0
1
2
1

2

3
4


5


Klien memakai pakaian yang longgar
Klien duduk/ atau tidur dengan rileks
Klien menutupkan matanya
Klien menarik nafas dalam secara perlahan melalui hidung
Klien mengeluarkan nafas dari sela-sela bibir secara perlahan
Klien malakukan nafas dalam selama 3 kali
Klien mengatakan rileks pada akhir nafas dalam




Keterangan:
0             : Tidak dilakukan
1             : Dilakukan tapi tidak optimal
2             : Dilakukan dengan optimal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar